Inilah Koran | Minggu, 21 April 2013

21.4.13 Asmat Abu Tsaqib 0 Comments

Inilah Koran | Minggu, 21 April 2013
Edisi Nomor 156 Tahun II
Bagi penggemar bola, khususnya Indonesia Super League, Inilah Koran mewartakan Sergio van Dijk yang menjadi pahlawan Persib saat mengalahkan Arema Cronous 1-0. Sabtu (20/4) sore, van Dijk meluapkan kegembiraannya di atas rumput Stadion Si Jalak Harupat. Dia menjebol gawang Kurnia Meiga lewat tendangan bebas kaki kirinya di meni t ke-35. Itu pulalah luapan kegembiraannya yang ke-11, sejak membela Persib, dua bulan terakhir.

Adapun rubrik WISATA kali ini mengetengahkan Pantai Pangandaran sebagai sarana uji nyali wisatawan. Pantai di wilayah Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, ini terus berbenah demi memanjakan pengunjungnya. Melalui wahana wisata airnya, Pantai Pangandaraan menantang para wisatawan untuk menguji nyalinya. Suasana seru-seruan tersebut hanya dapat dinikmati di Pantai Pangandaran sebelah timur. Adapun di sebelah barat, lebih cocok dipakai berenang. Dengan berkunjung ke pantai barat, para wisatawan akan menemukan berbagai wahana, seperti banana boat, fliying fish, donat boat, UFO dan jumper.

Kolom SKETSA yang kali ini ditulis oleh Zulfirman Tanjung menampilkan sosok Oei Suat Hong atau publik lebih mengenalnya sebagai Tomy Winata. Kemarin, setidaknya pada empat kesempatan Tommy muncul di layar televisi CNBC Asia. Lelaki itu menjawab semua pertanyaan presenter cantik Christine Tan di layar televisi CNBC Asia tersebut. Dia bercerita banyak hal, mulai tentang aktivitasnya di dunia usaha, tentang harimau-harimau Sumatera yang kembali dilepasnya ke hutan, dan tentang mimpi-mimpinya menyatukan wilayah Indonesia.

Di halaman NASIONAL, ada berita memilukan: tiga petani tewas tertimbun longsor di Samarang, Garut. Tiga petani perempuan warga Kampung Jareget Pangulaan Desa Sukakarya Kecamatan Samarang tewas tertimbun longsor di Kilometer 4 perbatasan Kamojang Garut Puncak Langon Desa Sukakarya Kecamatan Samarang, Kabupaten Garut, Sabtu (20/4). Ketiganya adalah Jahaenah (35), Elah (45), dan Nenoh (50). “Longsor terjadi sekitar pukul 7.30 WIB di lahan perkebunan milik Perhutani, Desa Sukakarya, Kecamatan Samarang, atau berada sekitar lokasi operasi Pembangkit Listrik Tenaga Uap Pertamina Kamojang. Korban yang sedang berada di kebun langsung tertimbun longsor setinggi 7-10 meter,” kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Garut, Zatzat Munazat kepada harian ini.

Masih di halaman ini, ada kabar seputar Road to Soundrenaline 2013 yang digelar perdana di Lapangan Gasibu, Jalan Diponegoro Kota Bandung, Sabtu (20/4) malam. Konser bertema A Journey of Rock Harmony ini, tidak hanya jadi ajang apresiasi pecinta musik Indonesia, tetapi sekaligus jadi obat kangen para penggemar fanatik NOAH, PAS Band, Slank, dan Netral.

Halaman KULINER kali ini menampilkan resto Burgundy Dine & Wine. Resto ini mencoba menawarkan keharmonisan alam dipadukan dengan pemandangan yang membuat mata terpana. Terlebih sajian masakan Eropa ikut melengkapi eksotiknya pesona alam yang berlokasi di Maribaya Dago Giri, Lembang, Kabupaten Bandung Barat.

Sementara itu, rubrik RESENSI BUKU mengetengahkan ulasan Suro Prapanca ihwal buku Pengarang Tidak Mati: Peranan dan Kiprah Pengarang Indonesia yang ditulis oleh Maman S. Mahayana. Buku berkategori sastra setebal 353 halaman ini diterbitkan oleh Nuansa Cendekia, Juli 2012.

Adapun di halaman KESEHATAN dibahas tentang perlunya mewaspadai alergi sejak dini. “Sampai sekarang, masih banyak pasien alergi yang telat ditangani. Bahkan ada pasien yang salah penanganan, karena ada dokter yang tebak-tebakkan, sehingga penanganannya pun tebak-tebakkan. Makanya yang tepat adalah melakukan pemeriksaan menyeluruh,” ujar dokter spesialis anak, Dr. dr. Budi Setiabudiawan, SpA(K), M.Kes, dalam acara Seminar Tumbuh Kembang Anak Allergie & Parenting Communication di Hotel Horison Bandung, Sabtu (20/4).

Masih di halaman ini ada tulisan tentang manfaat teh putih bagi kesehatan. Teh ibarat alarm pengingat untuk Anda memulai hari. Dalam sehari, rasanya tak cukup kita meminumnya hanya satu cangkir. Bagi Anda yang suka minum teh setiap hari, kini ada teh putih yang kaya antioksidan, dan sangat baik untuk kesehatan. Segelas teh putih, nilainya setara dengan 12 gelas jus jeruk segar.

Halaman FIGUR menampilkan sosok Inen Rusnan yang masih tetap memanggul kamera meski umurnya tak lagi muda.Sekilas laki-laki kelahiran 28 Agustus 1937 itu tampak seperti halnya orang tua pada umumnya. Namun, jika telah mengenalnya dapat dipastikan akan terkesima. Hal ini mengingat dia adalah salah satu saksi terbentuknya Konfrensi Asia Afrika (KAA). Lewat lensa Rangefinder Leica serie IIIc, Inen berbicara akan sejarah KAA sejak tahun 1955-sampai sekarang. Lensa yang digunakan bukanlah barang biasa. Lensa ini merupakan kamera kelas dunia yang pernah digunakan Henri Cartier Bresson pada zamannya.

Di rubrik BUDAYA ada tulisan tentang pusaka khas Jawa Barat: Kujang. Dalam sejarahnya, Kujang menjadi andalan Kerajaan Galuh Padjajaran. Senjata tersebut selalu menemani para raja-raja besar di manapun mereka berada. Kini, dari tahun ke tahun, Kujang semakin tenar dan kian berkembang menjadi sebuah benda yang bernilai simbolik dan sakral. Setiap bagian Kujang memiliki namanya masing-masing, seperti ujung kujang yang menyerupai panah sering disebut Papatuk/Congo; lekukan bagian punggung bernama Eluk/Silih; Tadah (lekukan menonjol pada bagian perut); dan Mata (lubang kecil yang ditutup emas dan perak).

Adapun di rubrik SINOPSIS, ada ulasan tentang film Bangun Lagi Dong Lupus yang merupakan bentuk pengemasan baru dari film populer pada tahun 1987. Film ini diproduseri oleh komedian Eko Patrio dengan sutradara Benni Setiawan. Selain produser yang sudah terkenal, film ini pun dibintangi sejumlah artis terkenal, seperti Acha Septriasa, Miqdad Addausy, Kevin Julio, dan Jeremy Christian. Film tersebut mengisahkan Lupus (Miqdad) yang pindah ke SMU Merah Putih. Di sana dia bertemu dengan Poppie (Acha Septriasa) dan langsung jatuh hati pada cewek itu. Namun Poppie sudah punya kekasih lain, yaitu Daniel (Kevin Julio).

Halaman LENSA mengetengahkan berita foto tentang ironi nelayan di Pangandaran. “Keindahan alam di Pangandaran tak seindah nasib para nelayannya. Untuk makan sehari-hari, mereka mulai menjual pakaiannya.”

Sementara itu, halaman TEKNOLOGI berisi sejumlah info gadget, seperti berita OPPO yang resmi masuk Indonesia pertengahan pekan ini. OPPO mengenalkan setidaknya tiga smartphone. Salah satu produk unggulannya adalah OPPO Find 5. Ponsel ini diklaim sebagai ponsel dengan layar High Definition (HD) pertama di dunia. OPPO Electronics Corp., Ltd adalah perusahaan produsen elektronik asal Dongguan, Guangdong, Cina. OPPO biasa memproduksi MP3 player, portable media player, TV LCD, e-book reader, DVD/Blu-ray, dan lain-lain. Namun sejak 2008, mereka mulai melebarkan sayapnya dengan merambah industri ponsel cerdas. Info lainnya seputar Microsoft yang mulai mengembangkan smartwatch alias jam tangan pintar. Konsep penggunaan perangkat elektronik yang bisa dipakai di tubuh memang ramai digaungkan para perusahaan besar. Microsoft pun bergabung di trek menyusul Apple, Samsung, dan Google. Adapun NOKIA terus mengandalkan Lumia untuk peningkatan pasar ponsel mereka walaupun hingga kini volume penjualannya tetap tidak bisa mengejar pemimpin pasar yang menggunakan Android dan iOS, yakni Samsung dan Apple.

Di halaman SELEBRITAS, ada kabar tentang Sule yang tengah menyiapkan lagu untuk TKI di Korea. Komedian bernama asli Entis Sutisna ini mengaku akan menyiapkan lagu untuk TKI setelah mendapat tawaran tampil di Korea. Tawaran itu disampaikan Eru, penyanyi asal Korea yang juga pasangan duet Sule lewat lagu Sarangheyo.

Source: http://issuu.com/inilahkoran3/docs/21_apr_13

0 komentar: