Radar Surabaya | Minggu, 14 April 2013

14.4.13 Asmat Abu Tsaqib 0 Comments

Radar Surabaya Minggu | 14 April 2013
Baru beroperasi 2 minggu, pesawat Lion jatuh di perairan Bali hingga terbelah. Adapun 101 penumpang dan 7 kru selamat. Demikian judul headline Radar Surabaya Minggu (14/4/2013). Pesawat Lion Air dengan nomer penerbangan JT 904 rute Bandung–Denpasar jatuh di laut, 50 meter sebelum runway09 Bandara internasional I Gusti Ngurah Rai, Bali. Diduga karena kerasnya hentakan saat mendarat di air, mengakibatkan Pesawat jenis Boeing 737-800 NG itu terbelah persis di bagian belakang sayap. Pesawat nahas membawa tersebut, 101 penumpang terdiri dari 95 orang dewasa, 5 anak-anak, 1 bayi, serta 7 kru pesawat. Untungnya, seluruh penumpang dan kru selamat, namun beberapa orang mengalami luka-luka, dan patah tulang. "Seluruh penumpang dan kru pesawat selamat. Setelah dilakukan evakuasi, seluruh penumpang di bawa ke rumah sakit terdekat untuk dilakukan pengecekan kesehatan," kata Direktur Umum Lion Air, Edward Sirait di kantornya, Sabtu (13/4).

Masih di halaman pertama, ada sorotan ihwal persiapan ujian nasional (unas). Diberitakan, proses distribusi naskah unas di Kota Surabaya sudah rampung. Ujian nasional untuk jenjang SMA/MA/SMK dan paket C diselenggarakan Senin (15/4) besok. Peserta ujian diminta tiba di tempat ujian sebelum pukul 07.30, karena unas akan dimulai tepat pukul 08.00.

Di kolom 'Telur Ceplok', Dahlan Iskan mengingatkan: "Kemampuan memilih orang adalah salah satu kunci sukses tidaknya seorang pemimpin. Seorang pemimpin puncak, di samping harus memenuhi syarat kapabilitas manajemen, juga harus dilihat kemampuannya dalam memilih orang."

Halaman FILM mengetengahkan resensi Oblivion. Film bergenre sains fiksi ini mengisahkan upaya Tom Cruise yang memerankan seorang veteran marinir AS, Jack Harper, dalam menyelamatkan bumi dan segala isinya dari penguasaan dan eksploitasi para aliens. Jack yang sejatinya mahluk hasil kloning ini, sebelumnya tak menyadari jika dirinya adalah ‘kaki tangan’ para aliens di planet lain untuk memperbudak dan mengeksploitasi manusia di bumi.

Di Halaman HORIZON, Djoko Pitono menulis mengenai sosok Harun Al-Rashid (766-506), seorang khalifah pada masa Dinasti Abbasiyah. Pada masa kekuasaannya, tahun 786 sampai 803, dan dilanjutkan oleh anaknya, Ma’mun Ar-Rashid, dikenal sebagai Masa Keemasan Islam (The Golden Age of Islam). Dalam upayanya mewujudkan keamanan, kedamaian, dan kesejahteraan rakyatnya, Harun Al Rashid membangun beragam fasilitas. Baghdad sebagai Ibu Kota Kerajaan dipenuhi bangunan-bangunan megah. Sarana pendidikan termasuk ibadah, kesehatan dan perdagangan bagus sekali. Harun juga membangun apa yang disebut sebagai Bayt al-Hikma, atau Rumah Kebijaksanaan (The House of Wisdom).

Rubrik PERSONA menghadirkan seorang Dirut Bank UMKM Jawa Timur, HR Soeroso. Ia bertekad membatasi ruang gerak rentenir melalui banknya. Namun ia mengakui bahwa soal rentenir ini sebenarnya tidak bisa dilenyapkan atau diberantas sama sekali. Yang bisa dilakukan adalah mengontrol dan membatasi semaksimal mungkin. Rentenir sudah ada ribuan tahun lalu, hadir di semua bangsa dan negara, termasuk Indonesia. Nah, di negara kita ini terdapat sekitar 56 juta UMKM, sekitar 4,2 juta di antaranya ada di Jawa Timur. Dari jumlah tersebut, hanya sekitar 30 persen yang bisa mengakses ke perbankan. Yang 70 persen inilah yang jadi sasaran tembak para rentenir.

Pada halaman HEALTH masih dibahas tentang bersin-bersin dan penyebabnya. Kali ini tentang bersin-bersin di pagi hari bisa saja disebabkan oleh tidur yang terlalu malam. Menurut dr. Lili Soetjipto, bersin sendiri merupakan reaksi spontan tubuh untuk membersihkan lubang hidung dari benda-benda asing dengan cara hembusan angin yang kuat dari paru-paru keluar tubuh baik melalui hidung ataupun mulut. Dengan kata lain, bersin ini bisa membersihkan hidung kita dari kotoran atau debu yang berlebihan.

Adapun rubrik INFO TEKNO mengetengahkan info seputar gelang antipenculikan, Razer Edge Pro (tablet game berbasis Windows 8), dan game Amazing Alex yang kini hadir di Windows Phone 8.

Pada rubrik SELEBRITI, ada berita ihwal tereliminasinya Isa Raja dari ajang X Factor Indonesia dan Agnes Monica yang mendapat kesempatan berlenggak-lenggok di premiere film Oblivion yang dibintangi Tom Cruise di Hollywood, Amerika Serikat. Tak sampai di situ, agnes pun difollow Tom Cruise di Twitter.

Sementara itu, di rubrik KULINER kali menampilkan resep klapetart. Makanan ini disebut-sebut sebagai salah satu jenis kue tradisional khas Manado, Sulawesi Utara. Penganan ini bisa dinikmati dalam bentuk apapun. Namun, direkomendasikan untuk menikmati klapetart dalam keadaan dingin, karena rasa gurih dan manisnya akan lebih terasa.

0 komentar: