Khazanah Ramadhan Republika | Senin, 8 Juli 2013

8.7.13 Asmat Abu Tsaqib 0 Comments

Khazanah Ramadhan Republika | 8 Juli 2013
Bersiap Menyambut Ramadhan — Umat Islam diharapkan diliputi kegembiraan menyambut datangnya Ramadhan. Sebabnya, kegembiraan itu menjadi modal penting. Perasaan semacam itu memantu Muslim menjalani puasa dengan kenikmatan tanpa beban. Menurut Cendekiawan Muslim Didin Hafiduddin, persiapan mental menjadi hal utama agar menjalani puasa tanpa merasa berat sama sekali.

Masa Berkumpulnya Para Mualaf — Datangnya Ramadhan menjadi tantangan tersendiri bagi para mualaf. Masih kurangnya pemahaman agama Islam membuat mereka tidak setengah-setengah dalam menyambut datangnya bulan suci ini. Para mualaf bahkan sangat antusias mempersiapkan diri semaksimal mungkin untuk bisa menikmati setiap momen berharga yang datang setahun sekali ini.

Memori 'Dung' di Masjid Kauman — Masjid Agung Kauman Kota Magelang didirikan pada 1650 oleh KH Mudakir. Bersama istrinya, Nyai Mudakir, dan para pendahulu warga setempat, ulama berasal dari Jawa Timur itu dimakamkan di belakang masjid. Awalnya, masjid ini mampu menampung sekitar 1.000 jamaah. Masjid yang kini menjadi ikon Kota Magelang itu telah mengalami beberapa kali pemugaran, terutama penambahan dan perluasan bangunan sehingga saat ini berkapasitas sekitar 3.000 orang.

Musim Panas Jadi Tantangan Muslim AS — Bagi Muslim Amerika Serikat, puasa tahun ini terbilang menantang. Sebabnya, selain waktunya yang panjang, puasa kembali dilakukan pada saat musim panas. Muslim di AS diperkirakan berpuasa selama 15 jam.

Mencegah Pusing Kala Berpuasa — Asupan makanan yang tepat saat malam hari bisa meminimalisasi pusing ketika berpuasa siang harinya, juga menghindari terkena gangguan kesehatan lain. Perbanyak makan sayur dan buah agar kebutuhan vitamin bisa tercukupi. Karbohidrat dan protein sebagai sumber energi merupakan makan yang wajib dikonsumsi kala berbuka dan sahur agar nanti 14 jam kemudian tidak kekurangan energi. Namun, sebaiknya menghindari sumber karbohidrat yang akan memancing keluarnya banyak asam lambung, seperti beras ketan dan mi.


0 komentar: